|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Bawaan Wajib Pada Mobil Kala Mudik

Melakukan perjalanan silaturahmi di hari yang Fitri 1430 H ke kampung halaman dengan kendaraan sendiri, tak cukup cuma membawa keluarga dan perlengkapan pakaian. Tak kalah penting, bawa perkakas mobil yang sangat berguna bila mengalami kondisi darurat.

Biar nggak salah bawa atau kebanyakan, simak daftar di bawah ini.
Tool-kit
Sesuaikan kebutuhan selama perjalanan. Kebanyakan membawa, selain mubazir juga memberatkan. Siapkan kotak atau bisa juga berupa tas seperti yang banyak dijual. Isinya dengan kunci pas ukuran 10 mm, 12 mm, 14 mm dan 16 mm. Boleh juga ditambahkan yang 8 mm dan 17 mm. Selain itu, tang, palu dan obeng (kembang dan minus) dengan tangkai yang bervariasi. Dalam kotak, isinya juga mur dan baut ukuran 10 dan 12 mm secukupnya, trus isolasi PVC guna membalut kabel, insulock untuk mengikat sambungan kabel dan slang. Tak ketinggalan sekring cadangan dengan berbagai ukran, mulai dari yang 10 ampere hingga 25 ampere. kemudian bohlan buat lampu utama.

Kotak P3K
Wajib disediakan di setiap kednaraan (motor maupun mobil). Fungsinya bisa membantu pengobatan darurat. Mudah di dapat di apotek dengan isi, yodium, perban, plester, gunting kecil, alkohol dan obat-obatan ringan untuk sakit kepala dan perut serta minyak angin.

Segitiga Pengaman
Pilih model reflektif yang bisa dipakai malam hari. Bila mobil mengalami gangguan, segera menepi dan pasang segitiga sejauh 10 meter dari posisi kendaraan. Supaya kendaraan lain mengetahui dan pengendara bisa bekerja dengan leluasa.

Pompa ban dan jumper
Tidak dianjurkan, tapi akan lebih tenang jika di mobil terdapat pompa kompresor ban ukuran mini berdaya 12 Volt 11 ampere. Panjang kabelnya 2,5 meter berragam merek dan bentuk. Tak usah takut memompa di kegelapan karena mini kompresor ini dilengkapi lampu kerja. Kemudian bawa juga kabel pemancing aki (jumper) yang dilengkapi jepitan model mulut buaya berdiameter 1,5 - 2 cm.

Dongkrak
Jangan sampai ketinggalan. Sekalipun ada, periksa kelengkapannya. Jenisnya beragam, tapi standar pabrikan mobil disediakan model segitiga. Jangan lupa juga bawa balok yang berfungsi sebagai alas dongkrak. Sekaligus mempertinggi daya angkat dongkrak ketika ban kempis. Atau menjadi pengganjal ban, sehingga dongkrak bisa masuk ke kolong mobil.

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::