|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Melirik Jok Mobil

Jok mobil yang nyaman adalah idaman setiap pengemudi. Kesesuaian bentuk jok dengan tubuh tentunya akan memberi nuansa sendiri saat berkendara. Impian inilah yang kemudian membawa beberapa pemilik mobil berpikir jok mana kiranya yang aman sekaligus nyaman untuk dipakai.

Yang menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam memilih jok selain warna, kualitas dan kenyamanan adalah adanya homologasi. Stiker homologasi ini biasa dijumpai di bagian belakang jok-jok yang dijual di pasaran, di mana di dalam stiker tersebut disebutkan nomor, tahun produksi dan masa kadalurwarsa jok yang bersangkutan.

Di seluruh dunia hanya ada beberapa lembaga yang berwenang untuk mengeluarkan homologasi ini, diantaranya yaitu Federation Internationale de L'Automobile (FIA), yang bermarkas di Paris, Prancis dan TUV, dewan pengawas homologasi Jerman, FIA sendiri adalah lembaga pengawas dan pengatur tertinggi untuk seluruh kegiatan motorsport di seluruh dunia yang berdiri sejak tahun 1904.

Untuk memenuhi homologasi ini sebuah jok mobil tentunya harus menjalani tes, yaitu dengan menaruh boneka yang dipasangi sabuk pengaman di atas jok yang akan dites. Setelah itu jok dan boneka harus menghadapi benturan multidimensi yang merupakan bentuk simulasi keadaan dalam kondisi yang sesungguhnya. Setelah uji coba itu dilakukan, barulah kemudian keadaan jok dilihat dengan teliti. Adanya keretakan, bengkok, atau kerusakan kecil saja akan membuat homologasi ditarik.

Akan tetapi meski semua uji coba ini dilakukan demi keselamatan pengendara, bukan berarti jok lain tidak memiliki keamanan dan kualitas. Uji coba yang dilakukan oleh lembaga pengawas tadi memposisikan jok dalam keadaan yang benar-benar ekstrem di arena balap.

Akan tetapi satu hal yang harus dipikirkan sebelum membeli jok adalah kesesuaian dengan interior yang lain, terutama dengan sabuk pengaman. Jangan sampan keberadaan jok yang baru justru membuat keamanan berkendara menjadi berkurang.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::