|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Hati-hati Membeli Suku Cadang Palsu

Inilah permasalahan yang harus dihadapi oleh para pemilik kendaraam, mencari suku cadang yang asli. Namun hal ini bukanlah perkara mudah, mengingat keduanya sulit untuk dikenali secara langsung.

Jika tidak berhati-hati, suku cadang palsu ini hanya akan merusak kinerja kendaraan bahkan bukan tidak mungkin jika akhirnya juga memengaruhi kondisi suku cadang lainnya. Tidak bisa dipungkiri, mengenali suku cadang palsu tidaklah mudah. Kemasan dan kondisinya dibuat semirip mungkin dengan yang asli, namun jika diteliiti lagi biasanya di beberapa bagian terlihat ada bagian yang cacat. Pada busi rekondisi, misalnya, biasanya terdapat goresan kasar di bagian ulir. Hal itu menandakan bahwa busi tersebut pernah dibersihkan menggunakan sikat kawat sehingga meninggalkan jejak, karena pernah dipakai sebelumnya.

Kondisi fisik suku cadang palsu ini memang biasanya tidak sebagus yang asli. Oleh karena itu, meneliti setiap barang dengan saksama sebelum membeli harus selalu dilakukan agar tidak mendapat kualitas yang buruk. Perhatikanlah pula bagian lubang baut atau bagian yang sulit terjangkau setiap kali sebelum membeli suku cadang untuk menilik ada-tidaknya goresan. Jika ada, sebaiknya segera cari toko penjual suku cadang lainnya karena hal tersebut menandakan kualitas suku cadang yang tidak baik. Tidak sedikit pula pihak produsen yang mencantumkan logo atau merek pada suku cadangnya, untuk menandakan keaslian barang.

Penanda lainnya adalah harga barang yang lebih murah dibandingkan suku cadang asli. Hal inilah yang kerap mengecoh para pemilik kendaraan. Padahal kalau mau melihat lebih jeli, jika harus sering-sering mengganti suku cadang, harga murah tersebut tak lagi terasa murah bukan?

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya belilah suku cadang di bengkel-bengkel resmi yang memiliki kredibilitas. Setidaknya, apabila terjadi keluhan, hal tersebut bisa langsung disampaikan dan pihak produsen pun akan bertanggung-jawab. Lagipula, suku cadang yang asli umumnya memiliki jaminan dalam batas waktu tertentu untuk memastikan kualitasnya. Sementara suku cadang palsu biasanya memiliki usia pakai yang pendek, yaitu sekitar tiga bulan, sementara yang asli bisa mencapai satu tahun pemakaian.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::