|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
9 Warning di Musim Hujan

Musim Hujan akhirnya datang. Banjir yang kadang kala menghadang perjalanan Anda seolah tidak lagi dapat terelakkan. Karenanya, siapkanlah diri dan mobil Anda untuk menghadapi banjir yang banyak mewarnai jalan-jalan di Indonesia.

1. Sebelumnya coba Anda perhatikan ketebalan kembangan/pola yang terdapat pada ban kendaraan Anda, jika ketebalan ban kurang dari 1,5 mm, maka, sebaiknya kewaspadaan berkendara Anda mesti lebih ditingkatkan karena pada ketebalan tersebut, daya cengkram ban Anda sudah sangat berkurang. Kalau bisa, gantilah segera ban Anda dengan yang baru.

2. Kemudian, bila Anda menggunakan mobil, perhatikan pula saluran masuk udara sebelum Anda melewati banjir, jangan melewati genangan air yang tingginya melebihi ketinggian saluran masuk udara.

3. Dan jika Anda terjebak di area banjir, tetaplah tenang. Pastikan saja kalau ketinggian air masih berada di bawah lubang saluran udara. Sistem pengapian tak perlu Anda mematikan meski knalpot sudah terendam. Sebab, tekanan gas buang yang dikeluarkan kendaraan Anda sangat berguna untuk memblokir air yang ingin masuk ke knalpot.

4. Karena itu, janganlah sembarangan ketika menerobos jalanan yang tergenang air bila Anda tidak tahu seberapa dalam genangan banjir di jalan tersebut.

5. Setelah Anda berhasil melewati daerah banjir, segeralah periksa gemuk pada as roda dan bersihkan kotoran tanah yang mungkin melekat.

6. Jika saat ini Anda masih menggunakan karpet dari bahan kain atau bulu, maka, untuk musim penghujan, gantilah karpet Anda dengan yang berbahan karet atau plastik. Karena, hal ini sangat berguna untuk memudahkan Anda membersihkan kotoran yang tertinggal di alas kaki Anda. Dan juga, tentu saja akan memudahkan Anda membersihkannya bila kotor terinjak alas kaki Anda.

7. Berhati-hatilah bila Anda berkendara di musim penghujan ini. Kurangi kecepatan. Sebab, jalanan yang basah sering kali menyebabkan terbentuknya lapisan segi tiga antara ban dan permukaan jalan. Gejala yang sering disebut Aquaplanning inilah yang akan menyebabkan ban mobil Anda kehilangan traksi dan kemampuan mengerem.

8. Periksa pula kelayakan lampu kabut (fog light) kendaraan Anda. Karena bagian ini sangatlah berguna ketika Anda menyetir di saat hujan.

9. Tidak lupa, sediakan selalu payung di dalam mobil Anda. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::