|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
myCOMMAND, Berinternet-ria Sembari Nyetir

Berinternet-ria di mana dan kapan saja sekarang ini sudah biasa. Namun “surfing” atau menjelajah dunia maya sembari “nyetir” jelas tidak mungkin. Pasalnya, untuk menghubungkan komputer dengan situs yang diinginkan atau mencari informasi lain, dibutuhkan pengoperasian hardware (komputer dan modem) serta peranti lunak (sistem operasi) yang cukup merepotkan.

Bertolak dari kondisi tersebut, Mercedes-Benz (MB) – produsen mobil premium terkenal di dunia - kini sedang berusaha membuat orang nanti bisa ber-internet-ria sembari mengemudi. Tepatnya, sebuah mobil nantinya sudah dilengkapi dengan peranti yang siap dihubungkan ke jaringan internet global. Mercedes-Benz menamakannya peranti tersebut “myCOMMAND”.

Melalui Tombol
Meski myCOMMAND dalam tahap riset, namun MB sudah memamerkannya di Los Angeles Auto Show yang masih berlangsung saat ini.

Kecanggihan myCOMMAND, untuk menjelajah dunia maya cukup dengan menggunakan tombol putar (rotari) dan layar LCD resolusi tinggi. Di samping itu, begitu mesin mobil dihidupkan, komputer di mobil ini akan langsung melakukan “up-date” data dan informasi. Karena itulah pula MB menyebutnya “user friendly” telematika. Intinya, myCOMMAND adalah peranti infotainment berbasis internet.

Keunggulan sistem tersebut, semua data dan informasi terkini bisa diakses secara langsung tanpa harus meng-“install” sistem operasi atau meng-“ up-date”-nya.

Semua fungsi dipusatkan pada satu interface atau penghubung yang dirancang dengan penampilan atraktif, mudah digunakan dan intuitif. Soalnya keamanan data, justru ini dinomorsatukan,

Jaringan Bandwith
Menurut para ahli MB, tantangan yang dihadapi saat ini agar pengemudi bisa “on-line” sembari mengemudi adalah keamanan, kenyamanan dan jaringan bandwith atau jalur frekuensi.

Para pakar sains berharap, dalam beberapa tahun lagi, internet tersedia hampir di setiap tempat dengan bandwith yang makin tinggi dengan memanfaatkan jaringan telepon selular yang digunakan saat ini. Dengan demikian, myCOMMAND bisa dimanfaatkan secara efektif. Pasalnya, dibanding dengan sistem konvensional atau yang ada sekarang, myCOMMAD dianggap lebih baik.

Untuk informasi dan hiburan, misalnya, begitu mesin dihidupkan, myCOMMAND langsung meng-“up-date” informasi dan data melalui radio secara berkesenambungan. Selain mampu mengakses internet dengan cepat, juga mudah digunakan, aman dan handal. Pemilik juga bisa memilih provider yang disukainya.

Fitur myCOMMAND yang ditawarkan adalah “Navigasi Off-board”, Trip Assist atau Pemandu Perjalanan, World Radio dan Browser.

Navigasi Off-board.
Selain menyediakan map terkini, juga memberikan informasi lalulintas melalui internet sesuai dengan rute yang dipilih pengemudi. Dengan memanfaatkan peta kovensional, juga memungkinan melihat citrasatelit yang memungkinkan pengemudi menentukan arah atau tempat dengan mudah.

Pencarian tempat tujuan tidak lagi menggunakan format kaku, tetapi bisa dilakukan dengan memasukan data apa saja. Malah tempat tujuan dapat digabungkan dengan data paling akhir sehingga pengemudi bisa mencari SPBU yang menawarkan harga bahan bakar paling murah. Termasuk menemukan tempat yang kosong.

Trips Assist.
Kemudahan akses atau layanan informasi internet bagi para pengemudi dan bisa diedit dalam waktu yang tepat dan cepat. Untuk ini myCOMMAND akan memberikan informasi cuaca sepanjang rute yang dilalui. Pengemudi juga bisa memperoleh fasilitas terbaru dari sebuah hotel atau tempat hiburan yang akan dituju. Dengan trips assist, reservasi hotel bisa langsung dilakukan dari mobil.

World Radio.
Melalui internet pengemudi bisa “nongkrong” dengan mudah di setiap stasiun radio dunia sembari melakukan perjalanan bersama mobilnya. Dengan World Radio dari myCOMMAND, pengendara dapat mencari stasion berdasarkan jender untuk memperoleh musik kesukaannya. Lantas disimpan dan kemudian aktif lagi begitu mobil digunakan.

Telepon internet.
Dengan myCOMMAND, telepon atau seperti peranti internet lainnya, pengemudi bisa menggunakan Voice over Internet Protocol (VoIP) atau telepon gratis. Juga bisa mengirimkan SMS karena internet dapat mengirimkan suara dan data secara bersamaan.

Penampilan Atraktif
MyCOMMAND tidak hanya menawarkan berbagai opsi menarik, juga dirancang dengan operasional yang atraktif dan intuitif. Layar monitor resolusi tinggi dan terang dipasang di tengah-tengah dasboard. Layar ditempatkan pada posisi yang pas sehingga pengemudi bisa melihatnya secara mudah dengan posisi duduk tetap ergonomis. Dengan demikian, mata pengemudi tetap fokus ke jalan atau situasi lalu lintas di depannya.

Layar monitor menayangkan informasi dengan gambar bola dunia. Fungsi-fungsi dapat dipilih dengan memutar bola dunia melalui tombol putar atau rotari. Bila tombol itu ditekan, akan muncul menu di latar-depannya dengan berbagai pilihan.

Desain menu, bola dunia, tidak hanya sebuah highlight optik, cara pengoperasiannnya juga menarik. Gerakan putar tombol sinkron dengan gerakan menu. Di samping itu, juga ada tombol “back”, fitur untuk memperbaiki kesalahan secara cepat.

Tak kalah menarik, MB berencana menggunakan LINGUATRONIC atau pengopeasian myCOMMAND melalui suara. Dengan ini diharapkan, ber-internet-ria di mobil menjadi optimal dan menyenangkan. Untuk mewujudkannya, para ahli di MB butuh beberapa tahun lagi dan segara dipasang pada produk massalnya. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::