|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Memerhatikan Kesehatan Kaki Kendaraan

Selain kondisi mesin yang prima, kaki-kaki kendaraan memainkan peranan penting baik untuk kenyamanan maupun keamanan berkendara. Adanya gangguan pada bagian ini juga dapat berakibat fatal jika tidak ditangani segera. Hanya saja, kerusakan pada bagian kaki kendaraan kerap kali tidak terasa meski sudah menimbulkan berbagai tanda.

Di antaranya adalah setir yang kerap membuang ke salah satu sisi, setir terasa bergetar ketika dipacu dalam kecepatan tinggi, atau roda bagian depan terasa bergoyang ketika berada dalam kecepatan tinggi. Hal ini menandakan bahwa sudah waktunya bagi kendaraan roda empat Anda mendapatkan perawatan spooring dan balancing yang memang sebaiknya dilakukan secara berkala. Lagipula, perawatan ini juga perlu dilakukan untuk rotasi ban, agar kondisi permukaan kemepat ban merata-tidak ada yang lebih halus dibandingkan yang lain. Rotasi ban secara rutin tersebut juga akan menjadikan usia pakai ban lebih lama.

Ketika berkendara, sangat disarankan untuk selalu memasang telinga baik=baik untuk mendengarkan adanya suara-suara aneh yang timbul. Kerusakan pada balljoint, yang merupakan salah satu komponen penting pada bagian roda, bisa ditengarai dari adanya suara pada bagian roda ketika mobil berjalan. Roda di bagian depan biasanya juga terasa bergoyang, sehingga mengganggu kenyamanan berkendara. Jika memang hal ini yang terjadi, sebaiknya segera ganti komponen balljoint sebelum kerusakannya semakin parah.

Jika menikung di jalanan terdapat bunyi-bunyian yang mengganggu dan setir terasa lebih berat, cobalah periksa bagian tierod roda. Sama halnya dengan balljoint, komponen ini pun dapat mengalami keausan setelah pemakaian dalam waktu lama. Tak ada salahnya untuk memeriksa kedua bagian tersebut terlebih dahulu sebelum berangkat ke bengkel, untuk memastikan gangguan yang terjadi. Caranya dengan mendongkrak mobil hingga ban menggantung, kemudian guncangkan ban untuk mengetahui kendur tidaknya balljoint atau tierod

Di samping mekanisme penggerak roda, memerhatikan kondisi ban itu sendiri pun patut diperhatikan dengan baik. Terutama jika hendak berkendara jarak jauh, pastikan bahwa keempat ban masih dalam kondisi baik di mana permukaannya tidak ada yang terlalu mulus. Jika tidak segera diganti, hal ini akan berakibat fatal jika dalam kecepatan tinggi karena putaran roda yang cepat akan menimbukan panas sehingga meningkatkan kemungkinan ban meletus yang berbahaya bagi keselamatan.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::