|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Jangan Remehkan Lampu Indikator

Berkendara memang membutuhkan keamanan dan kenyaman dari kendaraan itu sendiri. Selain memperhatikan kesiapan mesin, kaki-kaki namun ada juga beberapa komponen yang membutuhkan ekstra perhatian seperti lampu-lampu indikator yang berada di dashboard mobil.

Pada prisinpnya bagian tersebut sangat membantu pengendara untuk mengetahui apakah yang terjadi pada aki, oli dan temperature mesin saat mobil dijalankan.

Lampu indikator tersebut jangan dianggap remeh. Normalnya saat posisi kunci di acc semua indikator akan menyala. Mulai dari lampu oli, dan aki serta rem tangan kalau posisinya ditarik ke atas.

Sesaat kemudian, lampu-lampu itu harusnya padam ketika mesin mulai dihidupkan. Jika lampu masih tetap menyala ketika mesin sudah menyala itu berarti ada sesuatu dalam mesin mobil Anda.

"Jangan anggap remeh bila lampu indikator menyala, cek terlebih dahulu. Lampu mana yang menyala baru telusuri bagian tersebut," kata Rudi Suryadi selaku kepala mekanik Oto Roda terletak di jalan IR. H. Juanda No. 84 Ciputat, Tangerang, kepada detikOto.

Seperti yang terjadi pada lampu indikator aki (baterai) menyala terus, ada kemungkinan pengisian listrik yang dihasilkan berkurang.

Untuk komponen yang satu ini, energi listrik yang dihasilkan komponen ini harus sesuai dengan beban listrik yang dipakai.

Untuk ini, hampir semua mobil mempunyai tegangan standar output alternator. Yaitu, antara 13 volt sampai 15,2 volt.

"Bisa juga pengisian listrik bagus namun lampu indikator tetap menyala, hal itu disebabkan altenator yang tidak bekerja dengan baik," ujar Rudi.

Namun, bila lampu indikator temperatur menyala, kemungkinan radiator mampet atau kipas pendingin mati. Periksa juga dynamo stat, apakah dynamo stat masih berfungsi.

Kerja dynamo stat adalah jika mesin dingin dynamo stat tertutup, tetapi jika mesin panas dynamo stat membuka dan itu keadaan normal.

"Namun jika kondisi radiator bagus dan kipas pendingin bagus, kemungkinan dynamo stat pada mesin rusak dan menimbulkan temperature mesin naik, segeralah perbaiki," ucap Rudi.

Hal ini juga terjadi pada lampu indikator oli. Segeralah periksa oli mesin mobil anda jika lampu indikator menyala saat mesin menyala.

Apakah oli mesin mobil anda berkurang, jika berkurang segeralah tambah. Namun jika lampu indikator menyala dan oli mesin mobil anda tidak berkurang berarti ada kerusakan pada switch. "Gantilah swith dengan yang baru," tegas Rudi. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::