|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Kaca Belakang Berkabut, Ada Garis yang Putus

Di musim hujan ini, kendati terhindar dari kuyup karena mengemudi mobil, tak berarti perjalanan ke kantor jadi nyaman. Sedikit kesal bila pandangan ke belakang saat melihat dari kaca spion dalam tidak jelas. Padahal, sistem pendinginan interior bekerja dengan baik.

Penyebab kaca belakang tidak jernih saat hujan lantaran adanya gangguan pada perangkat pengusir kabut (defogger). Kalau Anda cermati, pada kaca belakang terdapat garis panjang tersusun 10 baris atau lebih. Fungsinya mengusir kabut dengan mengeluarkan panas yang ditimbulkan dari garis-garis itu.

Garis tersebut bisa tidak bekerja dengan sempurna karena mengalami kerusakan saat mengganti atau melepas kaca film. Wira dari SACS/Asia Jaya Motor di Jalan Pondok Gede 24, Jakarta Timur, memberi jurus cara memeriksa kerusakannya.

- Pengusir kabut rusak tak cuma disebabkan saat melepas atau mengganti kaca film. Penyebab lainnya adalah lupa mematikan saklar (switch) dan terbiarkan lama menyala.

- Yang Anda tahu, defogger tidak bekerja saat hujan. Kalau mau lebih pasti, itu dapat diperiksa dengan multitester sehingga dapat terdeteksi, apakah jalur putus atau hanya connector +/- yang tidak terpasang dengan baik.

- Kalau garis yang terputus, teliti ada berapa banyak yang putus. Untuk memperbaiki, bawa mobil ke bengkel kaca film untuk melepas bahan pelindung kaca itu. Perlu ketelitian agar yang rusak tidak bertambah. Setelah terlepas, tempel garis yang lepas dengan menggunakan cairan kimia.

- Jika yang putus cukup banyak, sebaiknya ganti satu set, yakni kaca film berikut defogger.

-Lama pemasangan (untuk ganti kaca film) atau perbaikan sama, sekitar 2 jam. Untuk yang perbaikan, itu tergantung jumlah kerusakannya. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::