|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Tip Bagi Pengendara yang Peduli Lingkungan

Jika Anda mengaku sebagai individu yang peduli dengan lingkungan, sudahkah hal itu diwujudkan dalam perilaku sehari-hari? Tak perlu berpikir jauh-jauh, hal itu bisa bermula dari cara Anda memperlakukan kendaraan yang digunakan setiap hari sebagai langkah awal.

Tidak berarti harus langsung menggunakan kendaraan yang telah menggunakan teknologi khusus untuk mengakomodasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya adalah :

Menjaga kondisi mesin dengan melakukan servis rutin untuk memastikan setiap komponen berkerja dengan sempurna. Terutama pada sistem pembakaran kendaraan, di mana hal ini berperan penting terhadap asap buangannya yang menentukan kadar kontaminasi udara. Asap hitam dari knalpot akan semakin membuat udara dan lingkungan tercemar dan di lain pihak tak ada salahnya pula melakukan uji emisi kendaraan, untuk memastikan bahwa kendaraan Anda tergolong ramah lingkungan.

Hemat pemakaian bensin merupakan salah satu cara untuk menjadikan kendaraan lebih ramah lingkungan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakomodasi hal ini, antara lain dengan mengisi bahan bakar pada malam hari mengingat bahan bakar adalah zat yang mudah menguap, karena itu lebh baik untuk mengisi BBM pada malam hari di mana penguapan relatif lebih kecil.

Siasat menghemat BBM lainnya adalah dengan menjaga sikap mengemudi, antara lain dengan tidak memainkan gas dan selalu mengemudi dalam batas kecepatan yang wajar. Dua hal ini membutuhkan pembakaran yang lebih terhadap mobil Anda. Kendarai mobil dengan tenang dan lembut. Usahakan untuk stabil dalam kecepatan yang ideal yaitu berkisar antara 40 km - 100 km/jam. Selain hemat, langkah ini akan memperpanjang usia mesin mobil.

Rencanakan jalur perjalanan Anda, bila memungkinkan pilih di luar jam sibuk atau usahakan untuk mencari jalur alternatif menghindari kemacetan. Barang bawaan juga harus diperhatikan, bawa seperlunya saja sehingga beban kendaraan tak terlampau besar sehingga bisa menghemat BBM.

Batasi penggunaan AC karena penggunaan piranti ini banyak memakan BBM. Kebiasaan melepas roof rack bisa tidak diperlukan juga menjadi hal yang dirasa perlu karena hal ini berpengaruh pada aerodinamika mobil. Roof rack menyebabkan hambatan udara cukup besar yang memicu mesin bekerja lebih keras dan otomatis membuang BBM lebih banyak.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::