|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Komponen Karet di Mobil yang Perlu Dirawat

Cuaca yang pancaroba akhir-akhir ini, buat pemilik mobil, perlu menjaga kendaraannya lebih ketat. Terutama bagian yang berbahan karet berisiko mempercepat proses kerusakan, bila tak mendapat perawatan. Usia pakainya pun lebih singkat.

Ada beberapa komponen vital di mobil yang menggunakan bahan kenyal. Di antaranya V-belt yang tugasnya menggerakkan komponen di mesin. Kemudian, lis kaca dan karet wiper yang tak cuma bisa mengganggu pandangan, juga membaretkan kaca bila kurang diperhatikan.

Inilah komponen dari karet yang perlu mendapat perawatan
1. Karet wiper
Dibersihkan secara berkala dengan cara dilap, tak terkecuali musim panas juga hujan. Karena partikel yang menempel di karet bisa bikin baret kaca. Lalu, debu dan kerak yang menempel bisa memperpendek umur pakai karet.
2. Karet pintu
Berfungsi meredam suara dan menghalang air hujan masuk. Supaya elastisitas terjaga, bisa disemprotkan spray berbahan silikon yang banyak dijual di toko aksesori.
3. Lis kaca
Juga semprotkan spray berbahan silikon untuk menjaga elastisitasnya. Namun sebelum disemprotkan, bersihkan dulu lis dari kotoran untuk mengurangi kemungkinan kaca baret ketika diturun-naikkan. Gunakan cutton bud untuk mencapai bagian terpencil.
4. Ban
Setelah dicuci, gunakan semir ban. Selain resik penampilannya, umur pakai lebih panjang. Silikon khusus ban akan menjaga kelenturan sehingga lebih awet muda.
5. V-Belt
Ini perlu mendapat perawatan. Terutama, ketika bagian itu mulai memunculkan bunyi deritan. Sebelum dibersihkan, cermati dulu. Jika kondisinya sudah pecah-pecah, segera ganti. Sebaliknya, masih bagus, bersihkan dengan sikat gigi sambil disiram air bersih. Bila perlu semprot dengan spray khusus untuk V-Belt. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::