|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Pelapis Dasbor Bermasalah dan Cara Membersihkannya

Dasbor mobil ada yang berlapis kulit atau bermaterial plastik. Nah, jika ada yang ingin melapisi dengan kulit, beberapa langkah harus diperhatikan. Terlebih dalam hal perawatan dan mencegah kerusakan bisa dimulai dari tindakan pasca sampai perlakukan pra-instalasi.

Berikut beberapa langkah pengerjaan serta melenyapkan noda, baik yang berbahan semi-kulit, kulit, maupun plastik :
- Untuk mengatasi dasbor menggembung akibat sengatan panas, pada bagian-bagian lipatan dibuat perbagian dan dijahit.
- Biasanya pada saat pemasangan, dasbor harus diampelas terlebih dahulu agar merekat sempurna dengan lapisan bahan semi-kulit.
- Saat diberi lem, sebisa mungkin itu dilakukan pada kedua sisi, pada dasbor dan bahan kulit.
-Ketika bahan dasbor rusak atau sobek, jalan satu-satunya mengganti dengan yang baru. Untuk itulah, pola jahitan perbagian yang dibatasi lipatan dasbor berfungsi. Jadi, bukan mengganti secara keseluruhan, melainkan perbagian yang sobek.
- Perawan dasbor semi-kulit relatif gampang. Kalau kotor, itu tinggal disikat dengan air sabun dan keringkan. Lain halnya jika bahannya kulit asli. Sering-seringlah menyemprotnya dengan cairan penjaga PH kulit.
-Kekurangan dasbor lapis kulit, ketika dibongkar, itu menyisakan bekas lem. Jalan terbaik menghilangkannya, gunakan tiner.
-Untuk membersihkan dasbor kulit harus menggunakan pembersih yang mengnandung pelembab karena dasbor kulit mengandung kadar air maksimal sehingga harus dilindungi dari sinar ultraviolet atau terik matahari. Untuk pembersih kulit tersedia berbagai merek dengan rentang harga mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 100.000.
-Untuk dasbor plastik berlapis vynil atau karet lebih mudah membersihkan atau merawatnya. Ada beberapa alat pembersih, tetapi jangan dengan zat yang mengandung Amonia atau zat kimia karena dapat merusak plastik. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::