|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Bahayanya Merokok dalam Mobil

Bagi perokok, bisa merokok dalam mobil mungkin memberikan kenikmatan tersendiri. Tapi jangan salah, merokok ketika kita sedang mengendarai mobil bisa berujung bahaya.

Karena merokok saat mengemudi bisa memecah konsentrasi Anda ketika berada di jalan raya.

"Mengemudi sambil merokok berarti menempatkan Anda dan penumpang dalam kondisi bahaya," tulis pesan safety driving dari Ford.

Bayangkan jika anda sedang berkendara dengan kecepatan 100 km per jam dan tiba-tiba bara api rokok jatuh di pangkuan Anda, lalu apa yang terjadi.

Anda pasti akan breakdancing seperti Michael Jackson untuk menghindari panasnya bara api, dan tanpa disadari rintangan besar ada di depan anda dan siap menghajar Anda.

Bayangan seperti itu seakan tidak pernah diindahkan oleh pengemudi zaman sekarang, yang sebenarnya merokok sambil mengemudi dianggap sebagai gangguan karena dapat memecah konsentrasi.

Banyak pengemudi saat ini seolah cuek menikmati sebatang rokok padahal bahaya mengintai kapan saja dan kemungkinan menghampirinya setiap saat.

Memang pemerintah saat ini baru memuat aturan larangan merokok di gedung perkantoran dan tempat umum, namun tidak ada aturan untuk menilang atau menegur pengemudi yang asyik menikmati rokok ketika sedang berkendara.

Merokok merupakan salah satu gangguan internal ketika berkendara. Gangguan internal lain yang kerap muncul adalah menggunakan telepon seluler alias HP ketika berkendara.

Penelitian internasional mengungkapkan bahwa menelepon sambil mengemudi menyumbang satu dari setiap 4 kecelakaan mobil. Lebih mantap lagi, terjadi sekitar 1,5 juta kecelekaan setiap tahunnya atau 4.000 kecelakaan per harinya akibat menggunakan HP.

Gangguan internal lain adalah makan dan minum ketika berkendara. Lebih baik anda berhenti atau mengemudi bergantian bila ingin minum atau makan. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::