|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Jangan Tidurkan Anak di Kursi Mobil

Banyak orang tua yang membiarkan anaknya tidur di mobil dengan menggunakan kursi mobil khusus untuk anak-anak. Padahal para ahli memperingatkan sebaiknya anak berada di kursi mobil khusus saat perjalanan saja bukan untuk tidur. Sedangkan untuk tidur sebaiknya menggunakan car bed.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Paediatrics, posisi tidur anak di kursi mobil akan membuat dada anak menjadi tertekan sehingga mengurangi kadar atau asupan oksigen yang masuk ke dalam paru-paru.

"Banyak orang tua yang tidak memiliki tempat tidur bayi dan membiarkan anaknya tidur dengan kursi mobil sepanjang waktu," ujar Dr Iley Browning, seorang profesor paediatrics di Texas A&M Health Science Centre College of Medicine, seperti dikutip dari Health24, Rabu (26/8/2009).

Browning menambahkan bahwa hal tersebut bukanlah pilihan yang tepat, dan bisa menurunkan kadar oksigen. Bila anak sedang flu atau sedang sakit bisa memperburuk keadaannya. Tapi justru banyak orang tua yang melakukan hal ini ketika anaknya sedang sakit.

Namun, para ahli juga setuju bahwa kursi mobil khusus untuk anak-anak penting dalam hal melindungi anak-anak dari cedera jika terjadi kecelakaan, sama seperti pentingnya sabuk pengaman untuk orang dewasa.

Para peneliti dari Slovenia dan Boston, melakukan penelitian terhadap pengukuran kadar kejenuhan oksigen dan indikator lain selama bayi tidur di tempat tidur yakni tempat tidur mobil selama 60 menit dan kursi mobil untuk anak-anak selama 60 menit.

Ternyata dihasilkan asupan oksigen pada bayi yang tidur di tempat tidur sebesar 97,9 persen. Sedangkan pada bayi yang tidur di tempat tidur mobil 96,3 persen dan 95,7 persen pada bayi yang tidur di kursi mobil anak.

Berdasarkan hasil tersebut didapatkan asupan oksigen pada anak paling sedikit terjadi jika anak tidur di kursi mobil khusus untuk anak, dan ada kemungkinan menimbulkan masalah pada pernafasan.

Tempat tidur mobil mungkin lebih aman untuk digunakan saat anak tidur dibandingkan dengan kursi mobil anak. Jadi, jika ingin melakukan perjalanan panjang bawalah tempat tidur khusus untuk anak di mobil atau 'car bed' yang bisa digunakan saat anak sedang tidur, agar asupan oksigennya tidak berkurang dan tidak memperburuk kesehatan anak jika sedang sakit. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::