|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Pentingnya Tes Kesehatan pada Kendaraan

Seseorang teman terkejut ketika menerima bon pembayaran saat memeriksakan kendaraannya di bengkel. Kendaraan yang selama ini diyakininya berada dalam kondisi baik ternyata harus mengalami banyak perbaikan dan penggantian komponen, yang akhirnya memakan biaya hingga jutaan rupiah.

Ya, kendaraan pun perlu dirawat untuk memperlama usia pakai dan pempertahankan kinerjanya. Untuk menghindari kondisi di atas, pemeriksaan secara berkalap pun perlu dilakukan. Bukan hanya sekadar pemeriksaan rutin bulanan, seperti ganti oli, sama halnya dengan manusia, kendaraan kesayangan Anda sesekali juga memerlukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang mencakup kondisi mesin, kaki-kaki kendaraan, dan sistem kelistrikan.

Dalam hal ini setiap komponen dalam ruang mesin hingga bagian gas buangnya diperiksa secara mendetil untuk memastikannya dalam kendisi sempurna. Patut diketahui, masing-masing komponen pun memiliki masa usia pakai, di mana pengguna jarang memerhatikan hal ini. Kondisi platina, misalnya, yang perlu diganti jika sudah terlihat gosong dan berubah bentuk mengingat komponen ini berpengaruh langsung terhadap kinerja mesin, seperti sulit dihidupkan atau mengalami hambatan saat kecepatan tinggi di mana mesin terasa seperti “menembak”.

Sistem kelistrikan pada kendaraan, seperti busi dan aki pun perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisinya tetap baik. Demikian pula halnya dengan bagian kaki kendaraan, seperti baigan tie rod, chassis, laher, dan lainnya yang menentukan kenyamanan dan keamanaan saat berkendara.

Jika kendaaan telah berusia lanjut, tak ada salahnya melakukan pemeriksaan ini secara berkala agar usia pakai bisa lebih lama dan kondisinya tetap prima. Umumnya di bengkel resmi memiliki termin tertentu sesuai dengan kondisi mobil maupun usianya. Awalnya dilakukan tiga hingga enam bulan sekali, kemudian setahun sekali. Hal ini diperkirakan untuk mendeteksi adanya kerusakan pada komponen tertentu sejak awal. Dengan demkian, kalaupun terjadi kerusakan tidak semuanya harus segera diganti dalam sekali waktu yang tentu akan membengkakan biaya perawatan mobil.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::