|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Agar Nyaman Balik ke Jakarta

Akhir pekan ini jalan raya diperkirakan bakal dipadati para pemudik yang hendak kembali ke Jakarta setelah mudik ke kampung halaman menyambut lebaran.

Nah, selama bepergian tersebut, terutama yang mengendarai mobil ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut, agar perjalanan mudik menjadi lebih menyenangkan sekaligus aman.

Pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi tubuh kita. Pastikan kesiapannya untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh, karena dipastikan akan membutuhkan konsentrasi dan ketahanan tubuh.

Untuk memastikan kondisi tubuh fit, tidak ada salahnya memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum berangkat, terutama bagi anggota keluarga yang bertugas sebagai pengemudi, selain tentunya juga siapkan obat-obatan yang sifatnya umum, seperti obat sakit kepala, flu dan mabuk.

Sekarang, tinggal memeriksakan kondisi kendaraan. Selain cek kondisinya secara rutin, ada baiknya juga untuk melakukan pengecekan terakhir ke beengkel-bengkel resmi yang biasanya sudah menyiapkan program-program tertentu menyambut lebaran ini.

Oli mesin, tekanan ban, minyak rem, air radiator, wiper fluid, dan lampu, menjadi kewajiban standar untuk dicek, agar kondisinya normal, sehingga dapat meminimalisir insiden yang tidak diinginkan.

Selain itu, kelengkapan surat-surat kendaraan pun tidak kalah pentingnya untu dipersiapkan, selain untuk mengantisipasi pemeriksaan di tengah jalan, juga untuk memastikan bahwa kendaraan yang kita gunakan resmi bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah semua itu beres, tinggal memikirkan bagaimana mengatur barang bawaan. Namanya juga pulang mudik, biasanya barang bawaan pun tidak sedikit, karenanya ada beberapa hal yang bisa membantu untuk mengaturnya. Tapi ingat, susunan barang tersebut, sebisa mungkin jangan sampai menghalangi jangkauan pandang pengemudi ke belakang.

Kalau bisa, akan lebih baik bila membagi barang bawaan menjadi beberapa tas kecil, daripada koper besar yang lebih memakan tempat. Kemudian susun barang bawaan tersebut, agar posisinya 'terkunci' satu sama lain, serta menyimpan barang yang sering dipakai pada tempat yang mudah terjangkau.

Giliran di perjalanan, tentunya sudah tidak melupakan sabuk pengaman, serta mematuhi peraturan lalu lintas, serta menghormati para pengguna jalan lain. Selain itu, panel-panel indikator pada mobil jangan sampai lepas dari pantauan.

Bila ternyata di tengah jalan terjadi insiden seperti mogok atau ban kempis, sebaiknya sebelum turun dari mobil, wajib untuk mempelajari dulu keadaan sekitar, pastikan tempat tersebut aman. Kemudian hidupkan lampu hazard, dan pasang segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil,jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::