|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Melenyapkan Noda Bandel di Mobil

Bagi Anda yang mudik pakai kendaraan pribadi, mungkin sampai saat ini Anda baru sempat mencucinya di tempat cucian mobil. Langkah itu hanya melenyapkan debu, tanah, atau serangga mati. Masih ada noda membandel yang, meski sudah disemprot air bertekanan, tetap masih menempel di bodi atau velg.

Tak ada salahnya, jika Anda punya waktu pada akhir pekan ini, waktu Anda manfaatkan untuk membersihkan sendiri bagian-bagian di mobil. Sebelumnya, cuci dulu kendaraan untuk mempermudah proses, dan memastikan bahwa kotoran lenyap.

Bodi mobil
Perhatikan pada bagian bawah sepatbor, baik roda depan maupun belakang. Pasti di situ terdapat bintik-bintik hitam, yang tak lain adalah aspal. Untuk melenyapkannya, Anda bisa menggunakan cairan bug & tar remover. Kalau terdapat water spot atau noda air, cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan cairan exterior cleaner. Caranya, bersihkan noda dengan cairan, lalu keringkan.

Kaca mobil
Musuhnya sama seperti di mobil, yakni aspal, serangga, dan noda air. Untuk membersihkannya, terutama noda air, pakai glass cleaner. Kalau noda tangan (keringat atau minyak) pada bagian dalam kaca bisa dilenyapkan dengan kain mikrofiber. Jika tetap membandel, pakai kain yang setengah basah setelah dicelupkan air hangat.

Velg
Untuk merontokkan kotoran pada ban, cukup sikat bagian itu pakai sabun colek. Setelah itu, semir dengan cairan khusus ban. Khusus velg, pemusnahan kotoran bisa dengan sikat gigi bekas atau sikat halus. Cairan yang dipergunakan sama seperti di bodi.

Bagasi
Potensi kotoran menumpuk sangat banyak. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Jika ada kotoran menempel, maka proses pembersihan bisa menggunakan sikat dan interior cleaner. Jika ternyata ada bau tak sedap, maka semprotkan deodorizer.

Interior
Sama seperti bagasi, proses membersihkan dasar dan sudut-sudut bisa menggunakan vacuum cleaner. Untuk kolong bangku, bisa dengan cara memaju-mundurkan jok. Kalau tidak terjangkau juga, tinggal perhatikan lapisan bawahnya.

Jika bahannya karet, maka itu sangat mudah. Cukup dengan lap mikrofiber setengah basah, kotoran bisa terangkat. Kalau plastik, maka Anda dapat mempergunakan all purpose cleaner yang bisa juga dipakai untuk bahan vinyl, seperti di dasbor. Jika nodanya membandel, maka Anda bisa andalkan leather and vinyl cleaner. Semprot bagian itu, kemudian seka dengan lap.

Yang cukup sulit adalah menangani bahan fabric, terutama bangku. Noda dapat ditekan dengan lap kanebo setengah basah supaya air dapat meresap ke dalam pori-pori lantas seka dengan kain kering. Jika bahannya beludru, prosesnya sama seperti fabric. Hanya, tekanannya tidak boleh terlalu kuat agar tidak merusak serat. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::