|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Musim Hujan Datang, Periksa Kolong Mobil

Jangan pernah lalai melongok kolong mobil. Bukan mau menakut-nakuti. Ada beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian. Bila didiamkan dan mengalami keropos, bisa mempengaruhi performa mobil, juga bisa merusak komponen vital. Apalagi sekarang ini mulai memasuki musim hujan, meski frekuensi curahnya belum setiap hari.

Seperti knalpot, kalau sampai bocor akibat kolong jarang dicuci, membuat sistem saluran buang tidak sempurna. Komponen lainnya, dek dari logam atau plastik yang melindungi bagian mesin dari hantaman batu atau cipratan air. Di samping melindungi, dek tersebut juga berfungsi sebagai perangkat aerodinamika (menyalurkan udara).

Agar kondisi dek dan kolong terjaga dari serangan karat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan

1. Kenali dan pelajari bagian bawah mobil sejak pertama kali diterima, mulai dari depan sampai belakang.

2. Lakukan pemeriksaan secara periodik, baik saat mencuci maupun dibawa ke bengkel. Ketika mencuci bawa ke tukang cuci yang mempunyai car lift dan penyemprotannya menggunakan kompresor.

3. Selain dek, juga periksa sistem knalpot. Terutama di mulut muffler, baik yang di belakang maupun di tengah. Jika terjadi kebocoran, selain menimbulkan suara yang kurang bagus, juga mengurangi performa mesin.

4.Jika ada pengait atau baut yang lepas, cepat ganti. Begitu juga sampai ada yang kendur, kencangkan.

5. Saat menerjang banjir (genangan air), sebaiknya dengan kecepatan rendah (merayap). Bila diterjang dengan kecepatan 10 sampai 15 km/jam, bisa-bisa dek pelindung penyok atau luban baut sobek.

6. Usai melibas banjir, secepatnya periksa kolong. Pastikan bagian pelindung-pelindung tidak lepas atau membawa kotoran.  (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::