|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Tips Menghidupkan Mesin Mobil dengan Baterai Lain

Ada baiknya jika Anda menyiapkan jumper atau alat pancing untuk menghidupkan mesin kendaraan di bagasi mobil Anda. Soalnya jumper sangat berguna sekali di tengah mobil Anda yang sulit dinyalakan akibat aki soak.

Bisa dibayangkan bukan, bagaimana bingungnya Anda ketika hendak pergi ke kantor di pagi hari namun nyatanya mobil Anda mogok. Solusinya Anda pasti membutuhkan jumper.

Nah, jika Anda cuma memiliki satu mobil dan tidak punya aki lain sebaiknya jangan berat hati untuk mengetuk pintu tetangga dan meminta pertolongannya.

1. Sebelum memancing, perhatikan baterei yang harus digunakan untuk memancing adalah 12 volt, dan khusus untuk yang mesin diesel kabel pancingnya mempunyai serabut yang lebih besar. Letakan baterei dengan baik agar kabel jumper dapat mencapai kedua pala baterei.

2. Matikan semua lampu dan aksesori yang tidak diperlukan.

3. Bersihkan kepala aki sebelum memancing, setelah itu sambungkan kabel bertanda (+) dari baterai jumper ke baterai mobil yang soak bertanda (+), temukan keduanya. Selanjutnya dari kutub negatif jumper hubungkan ke massa atau ground kendaraan. Pastikan kaitannya merekat kuat. Hindari menghubungkan kutub negatif kedua baterai karena akan menimbulkan ledakan.

4. Hidupkan mesin pada kendaraan pemancing selama beberapa menit dengan putaran 2.000 rpm. Bila mesin sudah menyala, start mesin pada kendaraan dengan baterai lemah.

7. Jika mobil sudah menyala lepas kabel-kabel pemancing dengan hati-hati dalam urutan yang terbalik ketika saat memasang kabel. Jadi, kabel negatif terlebih dulu yang dilepas, baru kemudian kabel positif.

Sebagai catatan jika baterai mobil Anda selalu habis untuk menghindari kerusakan lebih lanjut sebaiknya Anda mendatangi diler mobil bersangkutan. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::