|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Tips Mengemudi Bagi Wanita dari Pembalap Emma Gilmour

Sekarang sudah banyak wanita yang menyetir mobilnya sendirian. Karenanya, unsur keselamatan tetap harus dijaga dong, agar tetap selamat dan menikmati ketika sedang berkendara.

Berikut ini petikan wawancara dengan pereli internasional asal Australia, Emma Gilmour yang diperoleh dari Subaru, Jumat (7/5/2010).

Tanya (T): Sebagai seorang pereli wanita yang fokus terhadap keselamatan, menurut kamu, hal apa yang paling utama dalam keselamatan berkendara?


Jawaban Emma (J): Yang paling penting kita tahu bagaimana cara merawat kendaraan dan hal-hal mengenai keamanan dalam berkendara. Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, aku yakin, setiap orang bisa berkendara dengan baik.

T: Kalau untuk perawatan mobil, apa saja yang harus diperhatikan?

J: Under hood, ban, dan sebagainya. Kebanyakan wanita, cenderung tidak memperhatikan bagian under hood, karena wanita kurang tertarik dengn urusan bawah kap mobil, urusan ban, dan lain sebagainya.

T: Jadi menurut Emma, bagaimana seharusnya wanita menyikapinya?

J: Yang pertama, kita harus lebih sering memperhatikan bagian mesin. Kemudian kita harus pilih atau kalau sudah teranjur beli, perlangkapi mobil dengan fitur keselamatan yang sesuai dengan anggaran.

T: Fitur Keselamatan seperti apa yang ideal menurut Emma?

J: Menurutku, pada umumnya kendaraan jaman sekarang sudah memiliki fitur keselamatan seperti ABS, airbags dan electronic stability control. Nah fitur inilah yang standard untuk keselamatan berkendara.

Selebihnya seperti stereo yang mewah, aksesoris mobil yang mahal, merupakan fitur tambahan, karena tidak bermanfaat bagi perlindungan kita dari kecelakaan.

T: Apa tips lain dari Emma seputar keamanan berkendara ?


J: Kebanyakan wanita meletakkan banyak barang pada mobilnya, akan lebih baik jika mobil bersih dari barang-barang yang berantakan. Karena barang yang berserakan akan berbahaya bagi pengemudi.

 

T: Apa tips menyetir dari seorang Emma Gilmour ?

J: Saat menyetir, bayangkan setir seperti bulatan jam, sejajarkan tangan kiri Anda dengan jam 9 dan tangan kanan sejajar dengan jam 3. Sehingga tangan kita tidak akan menghalangi airbag yang mengembang.

Hal lainnya, kesalahan yang umum terjadi adalah orang-orang tidak melihat cukup jauh ke depan ketika berada di jalan. Usahakanlah untuk selalu melihat ke depan sejauh mungkin.

Dan jika kita mengetahui ada potensi bahaya, selalu berusaha untuk cepat menemukan celah agar dapat menghindari kecelakaan tersebut. Jangan pernah terpaku pada kendaraan yang mengancam mobil kita.

T: Menurut Emma, bagaimana cara kita menjaga jarak yang aman ketika berkendara?

J: Sebaiknya, kita menjaga jarak dengan keadaan di depan sekitar 2 detik. Saat kendaraan di depan kita mengerem, cobalah untuk menghitung 1..2..

Jika kita sudah berhenti sebelum selesai menghitung, maka menandakan jarak kita sudah terlalu dekat dengan kendaraan tersbut.

Juga dalam keadaan hujan dan saat menggunakan kendaraan besar, jadikan hitungan menjadi 4 detik. Karena kendaraan besar membutuhkan waktu lebih banyak untuk berhenti.

T: Saat berkendara di malam hari, hal apa saja yang harus diperhatikan pengemudi?

J: Pertama, Gunakan lampu depan dengan keadaan full, sehingga pengemudi bisa bisa melihat jalanan di depan sejauh mungkin.

Kedua, jangan mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi, sehingga jika ada sesuatu yang harus dihindari, kita dapat bergerak dengan cepat untuk menghindarinya.

Dan ketiga, hal kecil yang tak dapat disepelekan, waspada terhadap orang yang menyeberang dan hewan sekitar selama kita berkendara.

T: Ada hal terakhir yang ingin Emma sampaikan?

J: Nikmatilah saat berkendara Anda, mobil adalah sesuatu yang indah dan memberikan kita kebebasan, namun disadari atau tidak, mobil juga memiliki potensi luar biasa untuk merugikan kita. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::