|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Cermat Memilih Mobil Bekas (3)

Umumnya ketika memeriksa mobil bekas idaman, yang diperiksa pertama kali adalah bagian mesin dan bodi. Boleh-boleh saja tapi jangan lupa bahwa yang terpenting adalah keabsahan surat-surat.

Jangan sampai Anda membuang waktu setelah cocok dengan kondisi mobil ternyata surat-suratnya tidak lengkap, atau lebih buruk lagi jika ternyata mobil bekas impian Anda adalah hasil pencurian.

Nah untuk menghindari hal itu, ada triknya. Untuk area Jakarta saat ini sudah ada fasilitas dari Polda Metro Jaya yaitu dengan mengirim sms berisi METRO 'plat nomor mobil' ke 1717, sebagai contoh METRO B1234CD ke 1717.

Namun untuk pastinya, setelah harga transaksi disetujui, cek juga ke instansi yang bersangkutan.

Coba cek STNK apakah nomor rangka, nomor mesin sesuai dengan yang tercantum di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, atau disingkat BPKB dan yang tertera di rangka dan mesin. Hati-hati apabila nomor yang di mesin terlihat mencurigakan.

Lihat juga kapan pajak terakhir dibayar dan berapa nilai pajak agar Anda tahu besarnya budget untuk membayar pajak setiap tahun.

Tanyakan apakah bisa meminjam KTP untuk memperpanjang STNK, biasanya hal ini bisa diperoleh apabila membeli langsung dari pemilik, paling tidak untuk 1 kali perpanjangan.

Dari BPKB bisa diketahui sudah berapa kali mobil ini di-baliknama.

Yang penting juga cek apakah BPKB ini duplikat, alias sudah pernah hilang dan dibikin ulang.

Biasanya ada cap tertulis 'DUPLIKAT', namun ada juga yang tidak dicap namun bisa dilihat dari tanggal pembuatan BPKB yang tidak sesuai dengan tahun pembuatan mobil.

Boleh saja membeli mobil dengan BPKB duplikat, namun dengan harga cukup jauh di bawah harga pasar. Tanyakan juga faktur kendaraan apa ada atau tidak.

Untuk pelengkap, tanyakan juga apakah buku panduan manual dan buku service ada. Apabila ada biasanya mencerminkan bahwa pemilik mobil sebelumnya cukup apik.

Akan lebih baik apabila ada file-file arsip pemeliharaan mobil. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::