|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Wiper Mobil Melempem? Ini Cara Mengatasinya

Wiper mobil bagi sebagian orang merupakan salah satu bagian paling sepele di mobil kita. Padahal, meski terkesan sepele, wiper sesungguhnya sangat membantu terutama ketika kita berjalan dalam kondisi hujan yang saat ini masih sering berlangsung.

Namun karena kesan sepele itulah, banyak orang yang tidak pernah memperhatikan atau merawat komponen yang berguna untuk membersihkan kaca depan mobil dari halauan debu dan air hujan yang mengguyur. Atau ketika wiper kita bergeraknya lamban loyo tidak seperti biasa.

Padahal cara merawat wiper dan karetnya itu simple.

Langkah paling mudah yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil yang paling awam adalah dengan merenggangkan atau mengangkat wiper ketika Anda terpaksa harus memarkir kendaraan di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Karena wiper ini kan ada karetnya dan karet wiper ini sensitif terhadap panas. Kalau tidak diangkat, karet wiper akan tertekan dan kondisi panas dapat membuat wiper sedikit memuai.

Tidak hanya itu, perubahan kondisi yang ekstrem tersebut pun juga akan membuat karet wiper menjadi getas atau mengeras yang pada akhirnya akan bisa menggores kaca.

Langkah selanjutnya adalah dengan selalu memeriksa cairan shampo pada tangki wiper. Ketersediaan cairan ini memang sepele, tapi tetap harus terus diperhatikan.

Sebab cairan inilah yang membantu wiper bekerja membersihkan kaca depan mobil anda. Bila di tengah jalan anda ingin menggunakannya dan ternyata habis, wiper akan kesulitan membersihkan kaca dan bila dipaksakan maka resiko kaca baret pun bukan sesuatu hal yang mustahil.

Periksa pula motor penggerak wiper. Bagian ini harus secara berkala diperiksa. Mintalah mekanik untuk memeriksanya bila Anda sedang servis berkala, karena biasanya bagian ini memang sering terlupakan.

Karena bila tidak diperiksa secara berkala, maka kita tidak tahu kondisi terkini dari komponen itu. Motor penggerak yang terdiri dari beberapa bagian ini bila kita tahu kondisinya akan bisa kita cegah kerusakannya dengan cara menservisnya sebelum terjadi kerusakan.

Karena motor ini kan terdiri dari banyak bost, kalau tidak dirawat takutnya nanti kerika ada masalah malah tidak bisa diservis dan jadi harus beli motor baru. (Detik)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::