|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Pintu Mobil pun Perlu Dirawat

Bicara soal perawatan mobil, umumnya lebih terfokus pada kondisi mesin dan penampilan eksterior bodi. Padahal, kalau ingin kondisi mobil secara keseluruhan tetap sempurna meski usai terus bertambah, setiap bagian dari bodi mobil pun perlu dirawat dengan baik. Tidak terkecuali halnya dengan bagian pintu, yang merupakan salah satu faktor keamanan saat berkendara.

Salah satu problem yang kerap ditemui di bagian ini adalah timbulnya karat dan pelumas yang mengering di bagian engsel pintu, sehingga menyulitkan pintu dibuka dan ditutup. Belum lagi kerap timbul suara berderit yang menggangu. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya semprotkanlah pelumas pada engsel pintu secara berkala untuk memastikan pergerakannya tetap lancar. Pastikan setiap bagian di engsel pintu terlumasi agar bekerja dengan sempurna.

Periksa pula bagian tangkai besi penggunci pintu, terutama yang menggerakan kunci. Tidak jarang bagian ini pun berkarat atau terjadi penumpukan kotoran sehingga menyebabkan pergerakannya tidak lancar. Bersihkanlah bagian tersebut kemudian semprotkan pelumas untuk mengembalikan kondisi prima.

Minimnya perawatan pada bagian pintu mobil juga dapat menyebabkan kaca, terutama yang bergerak secara otomatis, sulit difungsikan. Bahkan tak jarang harus dibantu dengan tangan untuk menggerakannya. Hal ini dapat terjadi karena mekanisme penggerak kaca berkarat akibat kemasukan air yang menyelusup dari celah karet pintu. Kendati demikian, bukan berarti hal ini tidak bisa disiasati. Bukalah panel pintu kemudian bersihkan komponen pengerak kaca, seperti gigi regulator dari kotoran kemudian berikan gemuk.

Karet-karet pelindung di bagian pintu pun memiliki batas usia pakai. Apabila karet sudah getas dan mulai mengelupas sebaiknya segera diganti. Selain mengakibatkan pintu mobil tidak terutup dengan sempurna, hal ini pun menganggu kenyamanan saat berkedara. Terutama saat hujan karena air dapat merembes masuk ke dalam kabin.

Sumber dari : Harian Kompas

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::