|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Kiat Hindari "Ngelitik"

BANYAK orang masih menggunakan bensin Premium beroktan 88 meskipun mobil yang digunakannya memiliki spesifikasi bensin beroktan di atas 90. Untuk menghindari ngelitik pada mesin, mereka lalu menggunakan zat aditif (octane booster) atau mengoplos bensin Premium dengan Pertamax agar mendapatkan angka oktan di atas 90.

Mohammad Arief Adrianto, Redaktur Pelaksana Majalah Otomotif, mengungkapkan menambah zat aditif untuk meningkatkan angka oktan bisa saja dilakukan, tetapi sebaiknya konsumen hati-hati memilih produk.

Menurut Arief, zat aditif yang dipilih sebaiknya tidak mengandung timbal agar tidak merusak catalytic converter, yaitu perangkat penyaring emisi yang ada pada mobil produksi tahun 1990-an ke atas.

Sebagian orang beranggapan zat aditif untuk menaikkan angka oktan ini bisa menimbulkan kerak pada mesin. Menurut Arief, zat aditif yang dibeli sebaiknya juga bisa berfungsi membersihkan saluran bahan bakar dan menghilangkan oksidasi pada saluran bahan bakar.

Mencampur bahan bakar Premium dengan Premix supaya menghasilkan angka oktan 90 ke atas, menurut Arief, bisa dilakukan. Menurut penelitian yang dilakukan majalah Otomotif, angka oktan pada bensin Premium bisa naik 10-15 persen ketika dicampur dengan bensin Pertamax.

Merusak

Menurut Dikwan Irawan dari Ditech Injection, gejala ngelitik yang terus berulang dapat merusak mesin. Mulai dari menimbulkan lubang- lubang kecil pada permukaan piston, merusak metal, hingga membengkokkan atau mematahkan klep. "Itu sebabnya, mobil yang ngelitik harus segera dicari penyebabnya dan diperbaiki," tandasnya.

Selain karena penggunaan bensin yang tidak sesuai dan waktu pengapian yang tidak pas, ngelitik juga bisa disebabkan menumpuknya kerak pembakaran di dalam silinder. Kerak ini bisa menjadi bara saat mesin menyala dan bisa membakar bensin sebelum waktunya. Kerak juga membuat rasio kompresi menjadi lebih tinggi sehingga membutuhkan bensin dengan oktan lebih tinggi, yang artinya menambah pengeluaran yang tak perlu.

Untuk mencegah timbulnya kerak, selalu pastikan Anda membeli bensin berkualitas bagus (tidak kotor dan dioplos bahan lain) dan rajin membersihkan kerak di dalam silinder di bengkel yang bisa dipercaya.

Sumber dari : Kompas.Com

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::