|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Tujuh Langkah Sebelum Tancap Gas di Jalan Raya

KONDISI lalu lintas yang makin padat menuntut para pengguna jalan - khususnya pengendara mobil - untuk lebih berhati-hati. Kesehatan yang prima, kondisi mobil yang baik, dan kecakapan berkendara dirasa belum lengkap jika kesiapan sebelum mengemudi tidak diperhatikan dengan baik.

Sikap berkendara yang baik memang tidak hanya terlihat ketika Anda meluncur di jalan raya, tapi dimulai sebelum kaki Anda menekan pedal gas. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan sebelum Anda mengemudikan mobil.
1. Periksa kondisi mesin, oli, air radiator dan tekanan ban untuk memastikan bahwa si roda empat ini berada dalam kondisi puncak.
2. Gunakan selalu sabuk pengaman sebelum mobil dinyalakan, begitu juga untuk awak penumpang yang lain. Jika Anda membawa anak kecil dalam mobil, letakkan mereka di atas jok khusus untuk anak-anak dan pasang alat keselamatan dengan benar.
3. Perhatikan barang-barang yang mudah bergerak saat mobil berjalan nanti seperti kaset, cd, kotak tissue, atau kotak permen. Pastikan barang-barang tersebut nanti tidak akan berpindah tempat/tergelincir ketika mobil berjalan karena dikhawatirkan akan mengganggu pengemudi. Kotak tissue misalnya dapat diletakkan di roof console dan kaset/cd diletakkan di dalam dashboard.
4. Buatlah posisi duduk di dalam mobil senyaman mungkin. Begitu juga dengan kaca spion, atur sedemikian rupa komponen tersebut agar pandangan ke belakang benar-benar maksimal.
5. Jika Anda ingin mendengarkan musik, siapkan kaset atau CD yang akan diputar nanti di perjalanan dalam tempat khusus yang mudah untuk diraih. Jangan sampai aktivitas mengemudi Anda terganggu hanya karena ingin mencari kaset atau CD kesukaan.
6. Meski tidak dianjurkan, bagi Anda yang menggunakan ponsel hendaknya menggunakan handsfree agar kedua tangan Anda tetap berada pada kemudi meski tengah berponsel-ria.
7. Pikirkan jalur mana yang akan ditempuh berikut alternatifnya. Selain lebih efisien hal ini dimaksudkan agar di tengah jalan Anda tidak bingung memilih jalur mana yang akan ditempuh.

Sumber dari : Kompas.Com

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::