|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Software Microsoft Bantu Supir Hindari Macet

TERJEBAK di dalam kemacetan lalulintas pasti menjadi hal yang sangat menjengkelkan, bagi semua orang. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di negara maju seperti Amerika Serikat sekalipun. Tapi, kelihatannya tak lama lagi para pengguna jalan di AS akan merasakan keuntungan dari kemajuan di negaranya itu.

Seperti diberitakan harian The New York Times, Kamis (10/4), Microsoft sudah siap meluncurkan ClearFlow, sebuah software (piranti lunak) yang mampu membantu para pengemudi untuk menghindar dari kemacetan yang menyebalkan.

Tak tanggung-tanggung, untuk membangun software raksasa yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI- artificial intelligence) sehingga mampu menjalankan pemutahirannya sendiri ini, Microsoft menghabiskan waktu lima tahun.

Diawali dari kota Seattle. Para programer Microsoft mendapat bantuan dari sukarelawan yang bersedia menghubungkan kendaraannya dengan piranti GPS (Global Positioning System). Setelah itu, data perjalanan selama empat tahun dari mobil-mobil tersebut ditarik untuk didokumentasikan. Jumlah perjalanan yang terkumpul mencapai 17 ribu, dengan total jarak tempuh hingga 125 ribu mil, atau lebih dari 200 ribu kilometer.

Dengan data perjalanan di Seattle tersebut, para programer Microsoft lalu mengadaptasinya pada kota-kota besar di AS, dengan menggunakan teori alogaritma. Disebut-sebut, ClearFlow akan disediakan gratis untuk 72 kota besar di AS.

Hebatnya pula, ClearFlow akan memutahirkan sejumlah informasi bagi para penggunanya, mulai dari jadwal pertandingan olahraga, prakiraan cuaca, hingga "saran" bagi supir untuk memilih rute tercepat dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sayang, hingga berita ini dimuat, belum diperoleh informasi kapan software cuma-cuma itu resmi diluncurkan. Pun tak dijelaskan apakah ClearFlow ini dapat diadaptasi pada piranti bergerak. Juga tak ada keterangan kota-kota mana saja yang tercakup di dalam ClearFlow. Jakarta? upsss... (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::