|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Penyebab Mobil Boros

Selain faktor pengemudi bisa bikin pemakaian bahan bakar boros, juga karena kondisi mobil. Penyebabnya beragam, bisa usia mobil sudah tua, kurang perawatan, ada komponen yang sudah aus atau menambah aksesoris yang berlebihan.

Nah, inilah bagian-bagian dari kendaraan yang menyedot BBM akibat kurang terawat.

1.Pada Mesin
Banyak komponen yang bila tidak mendapat perawatan menjadi pemicu boros bensin. Seperti saringan udara (filter) penuh debu mengakibatkan saluran udara manpat dan campuran bahan bakar terlalu kaya. Kemudian busi kotor atau celah tidak pas, campuran bahan bakar berlebihan dan ukuran klep yang bergeser. Makanya, jangan abaikan servis berkala. Kemudian bila diharuskan melakukan penambahan oli mesin (bisa seminggu sekali), sebaiknya jangnan melebihi batas maksimum. Bikin beban putaran mesin tambah besar. Terendah 75% dari batas maksimal.

2. Ban
Jaga kembang ban pada keempat roda masih dalam kondisi di atas 50%. Kalau sampai di bawah itu, atau sudah hampir botak juga bikin boros lantaran daya cengkeramnya berkurang. Terkadang timbul spin membuat puatarn mesin naik. Tekanan angin salah, misalnya di bawah ukuran standar yang dianjurkan. Akibatnya, hambatan gelinding tambah dan butuh tenaga bila ingin meningkatkan kecepatan. Pakailah ban sesuai dengan ukuran standar. Menaikkan sampai dua step, akan boros. Sekalipun didapat kenyemanan dan kestabilan saat menikung.

3. Aksesoris
Memodifikasi bodi secara ekstrem juga bisa bikin boros. Seperti pemakaian spoiler besar di belakang. Bemper depan dan belakang dibikin lebih rendah dengan tujuan menambah downforce. Jelas, semua itu membuat bobot kendaraan naik, trus tidak diimbangi dengan meningkatkan performa mesin.

4.Malam Hari
Beban kerja mesin lebih berat ketimbang siang hari. Karena, selain AC dan audio ditambah lampu. Apalagi bohlam standar sudah diganti jenis halogen. Ketika mengantri di traffic light sebaiknya padamkan lampu utama (ditambah dengan audio).Terlebih dalam rute perjalanan (pulang, misalnya) terdapat lebih dari 5 traffic light, bisa mengurangi beban kerja dapur pacu.(Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::