|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Cara Beli Velg Kaki Lima

Velg kaki lima memang kompetitif harganya. Bedalah dengan harga seken di toko. Tapi ada banyak hal supaya kamu enggak beli kucing dalam karung. Kamu mesti perhatikan beberapa hal kalau mau dapat barang dengan kondisi oke. Makanya biar enggak menyesal, komunitas Sruntulan bagi-bagi tips pilih velg di pinggir jalan.

Menurut Rocky, salah seorang pendiri Sruntulan, prinsip dasar pilih velg mesti dipahami. Pertama tentukan dahulu model yang dinginkan. “Sesuaikan dengan tema modifikasi mobilnya,” katanya. Semisal, velg palang lima cocok untuk bikin tema racing dan spoke nutup buat bikin gaya elegan. Setelah itu cari tahu diameter, lebar, PCD dan offset velg yang pengin dituju biar bisa masuk ke ruang fender mobil elu.

Buat urusan harga, Panjual yang juga senior di Sruntulan kasih saran, “Biar enggak mahal, ajak teman yang sudah kenal dengan penjualnya.” Tapi kalau tak ada, lakukan penawaran dari mulai 50% dari harga yang diberikan pedagang. “Mentok-mentok 75% dari harga yang ditawarkan,” sahutnya.

Sedangkan buat mengetahui kondisi ban, perhatikanlah kembangnnya. “Ban hasil vulkanisir kembangannya ada yang enggak nyambung,” tutur Rocky. Tak hanya itu, tes fisik bisa dilakukan. “Tusukkan dengan kuku, kalau karetnya keras, ban itu berarti sudah lama,” kata Wendry, juga dari Sruntulan.

Langkah-langkahnya:
1.Cari tahu ukuran diameter dan lebar velg, biasanya ada di balik palang velg.
2.Biar lebih yakin dengan ukurannya, gunakan penggaris buat mengetahui lebar velg yang sebenarnya.
3.Perhatikan detail kondisi permukaan velg. Dari mulai bibir velg sampai lubang baut. “Raba permukaanya. Kalau velg retak dan bekas diperbaiki, biasanya enggak rata permukaannya,” ungkap Rocky.
4.Lihat dari warna permukaannya, biasanya kalau velg tambalan ada warna yang belang. Oh ya, kalau mau periksa kondisi velg, akan lebih ciamik hasilnya bila tanpa ban yang melingkar di velg. “Cacat bisa terhalang ban,” tukas Wendry, salah seorang anggota Sruntulan yang menunggang Honda Stream. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::