|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Membersihkan Rel Sliding Door Mobil

Belum semua ATPM memasarkan produk mereka dengan model sliding door. Padahal keuntungannya, penumpang tidak sulit ke luar-masuk sekalipun mobil di parkir di tempat yang sempit. Di pasaran mobil Indonesia, model pintu geser nggak cuma yang manual, bahkan sudah ada yang electric sliding door.

Kebetulan di Indonesia, model pintu sliding ini dimonopoli kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti Nissan Serena, Daihatsu Espass dan Gran Max, Suzuki Every, Hyundai H-1 dan Trajet, KIA Carnival dan New Mazda 5. Sedang di Eropa, sedan pun sudah ada pakai pintu geser, yakni Peugeot 207 meskipun masih dalam konsep. Sempat dipamerkan pada Paris Motor Show 2006.

Dari segi kepraktisan, pintu geser memang berada paling depan. Namun bukan tidak ada kendala. Kurang mendapat perhatian, bisa saja tiba-tiba buka-tutupnya terasa seret. Penyebabnya, berasal di rel pintu akibat tumpukan debu. Lebih parah jika membuang kotoran makanan. Terganggunya rel yang terkena dampaknya bushing atau rel menjadi aus dan lama-kelamaan jalurnya robek. Selanjutnya bukan lagi pintu geser, tapi berubah jadi pintu angkat.

Jika terjadi kemacetan tak sulit mengatasinya. Jaga kondisi jalur rel dalam keadaan bersih. "Untuk menyingkirkan tumpukan debut dan kotoran tidak sulit dan murah,"ujar Sugih Efendi, mekanik Plaza Kia di Kebon Jeruk. Sedang kepala bengkel Suzuki Kebon jeruk mengingatkan kala membersihkan rel jangan menggunakan deterjen atau sabun colek karena bisa menyebabkan karat. Dianjurkan pakai bensin atau solar sebab bisa bersenyawa dengan dengan gemuk.

Bagi yang mau mengerjakan sendiri ikuti langkah-langkah di bawah ini.
1. Parkir kendaraan di tempat teduh, bersish dari kepulan debu dan pastikan tiupan angin sangat kecil.
2. Bukan pintu geser sampai tarikan maksimum.
3. bersihkan rel bagian atas dengan kuas, terus dilanjutkan bagian bawah dan ke bagian tengah yang merupakan rel inti. Pekerjaan in i dapat dimulai dari bagian dalam terlebih dahulu atau sisi luarnya.
4. Setelah itu, gunakan cairan bensin, solar atau bisa juga minyak tanah.
5. Kemudian lap semua jalur rel sampai kering
6. Lamuri lintasan rel dengan grease baru. usahakan menggunakan yang berkualitas agar awet.
7. Gerakkan pintu (buka-tutup) berulang-ulang agar gemuk merata yang tandanya sudah ringan ketika ditarik.
8.Bersihkan sisa gemuk yang menempel bukan pada tempatnya. (Kompas)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::