|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Mobil Matic Tak Bertenaga di Tanjakan?

Banyak hal yang harus diketahui setiap pembeli mobil baru bertransmisi otomatis (matic) terhadap kemampuan mobilnya. Salah-salah, bisa panik jika mendapati permasalahan. Salah satunya kemampuan mobil saat melewati tanjakan.

Seperti permasalahan yang publikasikan Astra World saat seorang pembeli mobil matic mengalami permasalahan di jalan menanjak. Mobilnya terasa kurang bertenaga. Sang pengemudi pun langsung menginjak pedal gas dengan harapan tenaga bertambah kuat. Tak disangka, transmisi berpindah sendiri.

Cara di atas kurang tepat. Meskipun mobil mungkin saja sanggup menanjak, tapi mesin terasa berat dan konsumsi bahan bakar akan jauh lebih boros.

Tenaga mesin yang terasa lemah dan bergesernya transmisi ketika pedal gas diinjak sangat mungkin terjadi saat berkendara dengan transmisi matic di jalur menanjak, apalagi jika tanjakannya terjal. Jika menempuh jalur ini, letakkan transmisi di posisi "2" atau "L". Keluhan semacam kasus di atas tak akan muncul.

Saat menempuh medan menanjak berarti beban mesin bertambah berat. Agar bisa terangkat, mobil perlu momen yang besar. Nah, momen yang besar terdapat di posisi "2" atau "L". Jika transmisi ditempatkan selain pada posisi itu, momennya pasti kecil sehingga mesin terasa kurang tenaga dan seolah tak mampu melibas tanjakan. Masalahnya, ketika pengendara mengatasi "kurang tenaga" dengan menginjak pedal gas, gigi transmisi praktis akan berpindah.

Bagi sebagian orang, kadangkala pengalaman semacam ini dapat memicu kepanikan saat berkendara. Perangkat ini memang didesain sedemikian rupa sehingga gigi transmisi dapat bergeser tanpa perlu dipindahkan pengendara. Perpindahan gigi ditentukan oleh signal-signal yang berasal dari pedal gas dan kecepatan mobil.

Jadi, saat akan melibas jalur menanjak yang cukup terjal, posisikanlah transmisi di "2" atau "L". Kemudian jangan lupa memindahkan kembali ke posisi "D" saat jalan kembali rata. jika sebelumnya di posisi "L" pindahkan ke "2" lalu "D". Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen transmisi matic.(Okezone)

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::