|   Home   |   About Us   |   Products ( 199 ) |   Tips & Trick  |   Contact Us   |
Jika Meningkatkan Kekuatan Mesin Kendaraan

Performa mesin merupakan nyawa bagi kendaraan kesayangan. Jika bagian ini sudah tidak berkerja prima dan tenaga pun berkurang, kenikmatan berkendara tak lagi bisa diperoleh.

Itu sebabnya banyak pemilik kendaraan yang melakukan oversize mesin atau dengan kata lain meningkatkan kekuatan mesin. Ada dua hal yang melatarbelakangi proses oversize ini. Pertama, kondisi dinding silinder pada mesin yang sudah terkikis akibat terkena gesekan ring seher. Hal ini dapat terjadi terutama bila di bagian tersebut tidak diberi pelumasan dengan tepat dan diulangi secara berkala. Gesekan tersebut menyebabkan lubang silinder terlalu besar sehingga tidak ada kompresi atau tenaga pada kendaraan. Ujung-ujungnya, kendaraan sulit untuk diajak lari. Di samping itu, kondisi seperti ini juga bisa disebabkan oleh faktor usia, yang biasanya terjadi setelah lima tahun pemakaian.

Jika hal ini yang terjadi, biasanya disertai dengan beberapa gejala, seperti keluarnya asap putih dari saluran pembuangan dan tenaga tidak sekuat sebelumnya. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti ring seher atau ring olinya. Namun jika kondisi sudah parah, mau tidak mau harus dilakukan proses oversize.

Kedua, proses penambahan kapasitas mesin ini sering dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menambah tenaga pada kendaraan agar terlihat lebih bergaya sehingga hal ini kerap dilakukan pada motor atau mobil yang telah dimodifikasi. Apabila hal ini yang menjadi tujuan utamanya, perhatikanlah dengan baik proses oversize yang dilakukan, agar pekerjaanya rapi sehingga tidak mengganggu komponen mesin yang lain.

Untuk mendukung tenaga yang sudah besar, karburator pun harus diganti agar semprotan besin lebih banyak dan demikian pula dengan bagian coil, sebaiknya diganti pula dengan ukuran yang lebih besar untuk menghasilkan api yang lebih besar. Saluran pembuangan pun tidak boleh luput dari perhatian, sebaiknya ukuran lubang pembuangannya juga dibesarkang agar seluruh sistem berkerja sempurna.

Biaya yang dibutuhkan untuk oversize memang tidak sedikit, namun dapat memberi kenyamanan tersendiri jika tenaga menjadi poin utama yang anda inginkan dari sebuah kendaraan.

Sumber dari : Harian Kompas, Fitur Klasika.

 

.:: Copyright by aksesorismobil.com © 2007 - All rights reserved ::